judul blog

Gudang Data Notes dan SS Facebookers Syiah Berikut Beberapa Tulisan Penting Seputar Syiah

Minggu, 19 Desember 2010

HADIST DHOIF YANG MENENTANG AYAT TATHIR

1. Orang yang mengatakan bahwa ayat ini turu n untuk istri2 nabi adalah sebuah ijtihad yang bertentang dengan nash syar'i.
2. Tidak ada satupun hadist sahihi yang mengatakan bahwa ayat ini turun untuk istri2 Nabi Kecuali dua hadist yang dnisbatkan kepada Ibnu Abbas dan hadist yang kedua dinukil oleh al-Wahidi dalam asbabunnuzul hal 203.
أخبرنا أبو القاسم عبد الرحمن بن محمد السراج، قال: أخبرنا محمد بن يعقوب، قال: أخبرنا الحسن بن علي بن عفان، قال: أخبرنا أبو يحيى الحماني، عن صالح بن موسى القرشي، عن خصيف عن سعيد بن جبير، عن ابن عباس قال: أنزلت هذه الآية في نساء النبي (صلى الله عليه وآله وسلم): (إِنَّما يُريدُ اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنْكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ)
Dan satu riwayat yang dinukil oleh ibnu katsir dalam tafsrinya jilid IV hal 515:
((عن ابن أبي حاتم، قال: حدثنا علي بن حرب الموصلي حدثنا زيد بن الحباب، حدثنا الحسين بن واقد عن يزيد النحوي عن عكرمة عن ابن عباس رضي الله عنهما في قوله تعالى: (إِنَّما يُريدُ اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنْكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهيراً) قال: نزلت في نساء النبي (صلى الله عليه وآله وسلم) خاصة))

namun kedua riwayat ini tidak dapat dipergunakan karena
1.bertentangan dengan begitu banyak riwayat mutawatir yang menjelaskan bahwa ayat ini turun untuk Ali.Fathimah,Hasan,Husain (as)
Adapun riwayat yang dinukill oleh Wahidi adalah riwayat yang sangat lemah dari sisi sanad cukuplah bagi kita menunjuk tiga perawi hadist ini yaitu
Abu Yahya al-Hamati dia adalah seorang yang bernamaAbdul hamid bin Abdur rahman al-Hamati*1. Annasa'I berkata,"tidak kuat"*2. Ibnu sa'ad dan Ahmad mengatakan,"dia lemah"*3. Al-Ajli berkata,"orang kufah dan dia sangat lemah dalam hadist."*4
Sholih bin Musa al-Qursyi. Ibnul Mu'in berkata,"dia bukan apa-apa"*5, Isfahani berkata,"dia meriwayatkan kemunkaran-kemunkaran Malik bin Umair dan dan dia ditinggalkan"*6, bukhori berkata,"Dia adalah seorang pengingkar hadist"*7, an-Nasa'I berkata,"hadistnya ditinggalkan"*8, adz-Dzahabi berkata,"tidak dianggap"*9, al-Asqolani berkata,"Ditinggalkan".*10.
KHosif dan ia adalah yang meriwayatkan dari Said bin Jubair, nama lengkapnya ialah Khosif bin Abdurrahman al-Jazri, ia adalah seorang budak Usman bin Affan ada juga yang mengatakan bahwa ia adalh budak dari Muawiyah bin Abi Sufyan. Ahmad bin Hanbal berkata,"Perkataannya bukanlah hujjah dan hadist darinya tidak kuat", Ahmad juga berkata,"hadist darinya lemah"*11*. Abu Hatim mengatakan,"dia adalah seorang yang saleh namun hafalannya buruk",*12* Asqolani berkata,"bias dipercaya namun buruk hafalannya ," *13*adz-Dzahabi berkata,"bias dipercaya namun Ahmad mendhaifkannya.*14*


(1) الكاشف 1/617، تقريب التهذيب 2/334، تهذيب التهذيب 6/109.
(2) الكاشف 1/617، تهذيب التهذيب 6/109، تهذيب الكمال 16/454.
(3) تهذيب التهذيب 6/109.
(4) تهذيب التهذيب 6/109.
(5) الجرح والتعديل 4/415.
(6) ضعفاء الأصفهاني 1/93.
(7) ضعفاء البخاري 1/59.
(8) الضعفاء للنسائي 1/57.
(9) الكاشف 1/449.
(10) تقريب التهذيب 1/347.
(11) تهذيب الكمال 2/385.
(12) تهذيب الكمال 2/385.
(13) تقريب التهذيب 1/220.
(14) الكاشف 1/236.

adapun perawi-perawi hadist yang dinukil oleh Ibnul atsir daintaranya ialah:
Husain bin Waqid dan dia adalah salahsatu pemalsu hadist sebagaimana addarul quthni dan Abu Ya'la al-Kholili menjulukinya*1*. Ibnu Hibban berkata,"Dahulunya ia adalah orang yang baik, mungkin ia memiliki kesalahan dalam menukil beberapa riwayat",*2* Abdullah bin Ahmad bin Hanbal menukiul perkataan ayahnya,"Alangkah ingkarnya hadsit-hadist dari Husain bin Waqid dari Abi Munub", al-Iqoili berkata,"Ahmad bin Hanbal mengingkari hadist-hadist darinya", al-Atsram berkata,"Ahmad berkata, bahwa hadist-hadistnya banyak tambahan dan saya tidak tahu mana hadist-hadist yang ditambahkan dan ia berlepas tangan darinya",*3*
Ikrimah al-Barbari. Dia adalah budak Abdullah bin Abbas dan ia adalah seorang yang sangat terkenal kebohongannya dengan mengatasnamakan tuannya Abdullah bin Abbas, bahkan said bin al-Musib berkata kepada budaknya yang bernama Bard,"Wahai Bard janganlah sekali-kali kau berdusta atasnamaku seperti Ikrimah berdusta atasnama Ibnu Abbas.*4* Bahkan putra Ibnu Abbas yang bernama Ali bin Abdullah bin Abbas pernah mengikatnya pada sebuah tiang pagar, ketika ia ditanya atas dasar apa ia berbuat begitu, ia menjawab,"Ikrimah banyak berdusta atasnama ayahku", said bin Jubair dan Ibnu Sirin menjulukinya sebagai pendusta bahkan disebutkan bahwa ia adalah seorang Khowarij*5*, dan kita sangat mengenal sekali bagaimana kebencian Khowari kepad Ali bin Abi Tholib as.
(1) طبقات المدلسين 1/20، أسماء المدلسين 1/70.
(2) تهذيب التهذيب 2/321.
(3) المصدر السابق
(4) تهذيب التهذيب 7/238، تهذيب الكمال 7/213.
(5) تهذيب التهذيب 7/238، تهذيب الكمال 7/213 -214

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Allah