oleh : Malik al-Asytar
TAWASSUL AMALAN SYIRIK ATO SUNNAH
DALIL-DALIL TAWASSUL
Bantahan atas tudingan & tuduhan wohabob/wohaboy/wohabi as-salep kalo tawassul ame orang nyang udeh wafat ntuh perbuatan musyrik
AYAT TAWASSUL
وَلَوْ أَنْهُمْ إِذْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ جَاءُوكَ فَاسْتَغْفَرُوا اللَّهَ وَاسْتَغْفَرَ لَهُمُ الرَّسُولُ لَوَجَدُوا اللَّهَ تَوَّابًا رَحِيمًا- النساء : 64
Sesungguhnya Jika mereka ketika menganiaya dirinya datang kepadamu (Muhammad), lalu memohon ampun kepada Allah, dan rasul pun memohonkan ampun untuk mereka, tentulah mereka mendapati Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang. (An-Nisa' : 64)
Jelas bgt neh ayat nunjukin ame kite kalo orang-orang nyang sering berbuat aniaye/dose/khilaf seperti kite semue, diarahin ame Allah buat bertawassul ame Nabi saww biar diampunin dose-dosenye. Bukan malah disuruh berdoa sendiri ky keyakinan wohabob nyang sok suci & sok merase pantes berdoa langsung ke Allah.
CONTOHNYE DLM AL-QUR'AN
A. Dlm surah Ali Imran ayat 49, pengikut Nabi Isa as jadiin Nabi Isa sebagae wasilah buat nyembuhin penyakit bute, sopak bahkan ngidupin orang nyang udeh mati.
Dan (sebagai) Rasul kepada Bani Israil (yang berkata kepada mereka) :Sesungguhnya aku (Nabi Isa as.) telah datang kepadamu dengan membawa sesuatu tanda (mukjizat) dari Tuhanmu, yaitu aku membuat untuk kamu dari tanah berbentuk burung, Kemudian aku meniupnya, Maka ia menjadi seekor burung dengan seizin Allah; dan aku menyembuhkan orang yang buta sejak dari lahirnya dan orang yang berpenyakit sopak; dan aku menghidupkan orang mati dengan seizin Allah; dan aku kabarkan kepadamu apa yang kamu makan dan apa yang kamu simpan di rumahmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu adalah suatu tanda (kebenaran kerasulanku) bagimu, jika kamu sungguh-sungguh beriman.
B. Dlm suroh Yusuf ayat 97, Anak-anak Nabi Yaqub jadiin Nabi Yaqub sebagae wasilah permohonan ampunan (kagak ky wohabob nyang sok merase pantes)
Mereka berkata: Wahai ayah kami, mohonkanlah ampun bagi kami terhadap dosa-dosa kami, sesungguhnya kami adalah orang-orang yang bersalah (berdosa).
PERENTAH ALLAH BUAT BERTAWASSUL
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَابْتَغُوا إِلَيْهِ الْوَسِيلَةَ وَجَاهِدُوا فِي سَبِيلِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan carilah jalan (Al-Washilah) yang mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah pada jalan-Nya, supaya kamu mendapat keberuntungan. (Al Maidah: 35)
Nah ayat neh semakin jelas, kl Allah swt malah merentahin kite buat bertawassul (cari wasilah), siape wasilahnye ? Ntuh salah satunye Nabi saww seperti nyang dijelasin dlm Surah An;Nisa' ayat 64 di atas. Dan perentah Allah buat bertawassul (berwasileh) neh bersifat umum artinye boleh donk tawassul ame Nabi saww meskipun beliau saww udeh wafat.
TAWASSUL AME ANBIYYA' DAN ORANG-ORANG SHALEH TERNYATE SUNNAH
Pertama: Nabi Adam as bertawassul ame Rasulullah saww padahal Rasul belum dilahirin (belom ade). Imam As-Suyuthi dlm kitepnye Ad-Durrul Mantsur, Juz I, hal. 91. Nerangin tafsir surah Al-Baqarah ayat 37
فَتَلَقَّى آَدَمُ مِنْ رَبِّهِ كَلِمَاتٍ فَتَابَ عَلَيْهِ إِنَّهُ هُوَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ
Kemudian Adam menerima beberapa kalimat dari Tuhannya, Maka Allah menerima taubatnya. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.
Imam Suyuthi bawain hadis
قال رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم : لمَاَ أَذْنَبَ آدَمُ صَلَّى اللهُ عليه وسلم الذَّنْبَ الَّذِي أَذْنَبَهُ رَفَعَ رَأْسَهُ إِلَى الْعَرْشِ ، فَقَالَ : أَسْأَلُكَ بِحَقِّ مُحَمَّدٍ إِلَّا غَفَرْتَ لِي ، فَأَوْحَى اللهُ إِلَيْهِ ، « وَمَا مُحَمَّدٌ وَمَنْ مُحَمَّدٌ ؟ » فَقَالَ : تَبَارَكَ اسْمُكَ ، لَمَّا خَلَقْتَنِي رَفَعْتُ رَأْسِي إِلَى عَرْشِكَ ، فَإِذًا فِيْهِ مَكْتُوْبٌ : لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ ، مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ ، ، فَعَلِمْتُ أَنَّهُ لَيْسَ أَحَدٌ أَعْظَمَ عِنْدَكَ قَدْرًا ِممَّنْ جَعَلْتَ اسْمَهُ مَعَ اسَمِكَ ، فَأَوْحَى اللهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلَيْهِ : يَا آدَمُ ، إِنَّهُ آخِرُ النَبِيِّيْنَ مِنْ ذُرِّيَّتِكَ ، وَلَوْلاَهُوَ يَا آدَمُ مَا خَلَقْتُكَ
Rasulullah saww berkata: "Tatkala Nabi Adam as. telah berbuat "kesalahan" beliau mengangkat kepalanya ke arsy dan memohon: "Ya Allah aku memohon kepada Engkau dengan kebenaran Muhammad saw, maka tidak lain Engkau akan mengampuniku" Maka Allah SWT mewahyukan kepadanya: "Apa dan siapakah Muhammad saww ?" Nabi Adam as menjawab: Ketika Engkau jadikan aku, maka aku melihat ke arsy-Mu dan terpandang tulisan Laa ilaha illallah Muhammadur Rasulullah. "Maka aku yakin bahwa tiada siapa pun yang lebih tinggi darinya disisi-Mu yang namanya Engkau letakan bersama Nama Mu". Lantas Allah mewahyukan kepada Adam as.: "Wahai Adam, sesungguhnya dia adalah Nabi Akhir zaman dari keturunanmu. Sekiranya dia tidak ada maka aku tidak akan menciptakanmu".
KLIK
الكتب » الأول من أمالي أبي مطيع المصري
http://www.islamweb.net/hadith/display_hbook.php?bk_no=1525&hid=9&pid=244259
الكتب » المعجم الصغير للطبراني » باب الميم » من اسمه محمد
http://www.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?flag=1&bk_no=86&ID=952
Kedua: Tawassul Rasulullah saww kepade Nabi-Nabi terdahulu nyang pastinye udeh wafat; Majma Azzawaid Al-Haitsaimi & Mu'jam Al kabir; Thabrani
عَنْ أَنَسِ بن مَالِكٍ.... فَلَمَّا فَرَغَ دَخَلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: فَاضْطَجَعَ فِيهِ، ثُمَّ قَالَ:اللَّهُ الَّذِي يُحْيِي وَيُمِيتُ وَهُوَ حَيٌّ لا يَمُوتُ، اغْفِرْ لأُمِّي فَاطِمَةَ بنتِ أَسَدٍ، ولَقِّنْهَا حُجَّتَها، وَوَسِّعْ عَلَيْهَا مُدْخَلَهَا، بِحَقِّ نَبِيِّكَ وَالأَنْبِيَاءِ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِي، فَإِنَّكَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِينَ وَكَبَّرَ عَلَيْهَا أَرْبَعًا، وأَدْخَلُوها اللَّحْدَ هُوَ وَالْعَبَّاسُ، وَأَبُو بَكْرٍ الصِّدِّيقُ رَضِيَ اللَّهُ تَعَالَى عَنْهُمْ
Dari Anas bin Malik: "setelah selesai membuat liang lahat maka Rasulullah saw tidur miring di dalam liang tersebut, kemudian berdoa: Allahlah Dzat yang menghidup dan mematikan. Dia yang Maha Hidup dan tidak mati, semoga Engkau mengampuni ibundaku Fatimah binti Asad, tuntunlah hujahnya/jawabanya, luaskanlah kuburnya dengan haq kemuliaan Nabi-Mu dan nabi-nabi sebelumku. Sungguh Engkau Dzat Yang Maha Pengasih dan Penyayan. Lalu Rasul takbir empat kali. Dan Rasul Abbas dan Abu Bakar as-Shiddiq yang kemudian memasukkan jenazah."
KLIK
الكتب » مجمع الزوائد ومنبع الفوائد » كتاب المناقب
http://www.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?bk_no=87&ID=2981&idfrom=15507&idto=15510&bookid=87&startno=2.
الكتب » المعجم الكبير » مسند النساء » باب الفاء
http://www.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?idfrom=20472&idto=20474&bk_no=84&ID=5149.
Ketiga: Rasul saww menghimbau umatnye buat tawassul kepade beliau saww
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ –ص - : مَنْ زَارَنِى بَعْدَ مَوْتِى فَكَأَنَّمَا زَارَنِى فِى حَيَاتِى..
Rasulullah saw bersabda: "Barangsiapa yang menziarahi aku setelah wafatku, maka seakan-akan ia mengunjungi aku dalam waktu hidupku".(Baihaqi dan Daruqutni).
KLIK
الكتب » المجالسة وجواهر العلم للدينوري
http://www.islamweb.net/hadith/display_hbook.php?hflag=1&bk_no=403&pid=316543.
Keempat: Istri Nabi (Aisyah) merentahin sahabeh agar bertawassul di pusara Nabi buat minte hujan
حَدَّثَنَا أَبُو الْجَوْزَاءِ : أَوْسُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ : قُحِطَ أَهْلُ الْمَدِينَةِ قَحْطاً شَدِيداً ، فَشَكَوْا إِلَى عَائِشَةَ فَقَالَتْ : انْظُرُوا قَبْرَ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- فَاجْعَلُوا مِنْهُ كِوًى إِلَى السَّمَاءِ حَتَّى لاَ يَكُونَ بَيْنَهُ وَبَيْنَ السَّمَاءِ سَقْفٌ. قَالَ : فَفَعَلُوا فَمُطِرْنَا مَطَراً حَتَّى نَبَتَ الْعُشْبُ وَسَمِنَتِ الإِبِلُ حَتَّى تَفَتَّقَتْ مِنَ الشَّحْمِ فَسُمِّىَ عَامَ الْفَتْقِ.
Abul Jauza (Aus bin Abdullah) menceritakan pada kami: Bahwa penduduk Madinah mengalami paceklik yang sangat parah. Lantas mereka mengadu kepada Aisyah. Lantas Aisyah mengatakan: "Lihatlah pusara Nabi ! Jadikanlah ia sebagai penghubung menuju langit sehingga tidak ada lagi penghalang antaranya dan langit. Lantas ia (perawi) mengatakan: Kemudian penduduk Madinah melakukannya (berdoa di sisi makam Rasulullah saww), kemudian kami diguyur hujan yang banyak hingga tumbuhlah rerumputan dan gemuklah onta-onta dipenuhi dengan lemak. Maka saat itu disebut dengan tahun "al-fatq" (tahun kesejahteraan". (Ad-Darimi)
KLIK
سنن الدارمي - المقدمة - باب ما أكرم الله تعالى نبيه (ص) بعد موته
http://www.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?idfrom=93&idto=95&bk_no=8&ID=17
علي بن سلطان القاري - مرقاة المفاتيح شرح مشكاة المصابيح - باب
الكرامات
http://www.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?bk_no=79&ID=281&idfrom=11823&idto=11846&bookid=79&startno=6.
Kelima: Pada zaman khalifah Utsman bin Affan. Sahabeh Nabi Utsman bin Hunaif ngajarin tate care bertawassul di makam Nabi ame sahabeh nyang laen: Ambillah bejana dan berwudhulah. Kemudian pergilah ke masjid (Nabi) dan shalatlah dua rakaat. Seusainya maka katakanlah:
اللهم إني أسألك و أتوجه إليك بنبينا محمد نبي الرحمة يا محمد إني أتوجه بك إلي ربي فتقضي لي حاجتي
Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dan menghadap kepada-Mu dengan (perantaraan) Nabi kami Muhammad, Nabi pembawa Rahmat. Wahai Muhammad, aku menghadapkan wajahku kepadamu untuk memohon kepada Tuhanku. Maka kabulkanlah hajatku."
Ahmad bin hanbal ( 4/138), at-Tirmidzi (5/569), Ibnu Majah (1/441), Al Hakim; Al Mustadrak (1/313) katenye sanadnye shohih & adz Dzahaby jg bilang pegonoh
تَنْبِيهُ الهَاجِدْ إلَى مَا وَقَعَ مِنَ النَّظَرِ فى كُتُبِ الأَمَاجِدِ :2/28
KLIK
الكتب » العلل لابن أبي حاتم »
http://www.islamweb.net/hadith/display_hbook.php?hflag=1&bk_no=387&pid=313708.
Terdapet dipuluhan kitep
http://www.islamweb.net/hadith/hadithServices.php?type=1&cid=2582&sid=5510.
Keenam: Ibnu Katsir waktu napsirin suroh An-Nisa' 64 cerite soal kisah badui nyang bertawassul di makam Nabi dan doanye dikabulin
{ وَلَوْ أَنَّهُمْ إِذْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ جَاءُوكَ فَاسْتَغْفَرُوا اللَّهَ وَاسْتَغْفَرَ لَهُمُ الرَّسُولُ لَوَجَدُوا اللَّهَ تَوَّابًا رَحِيمًا} يَرْشُدُ تَعَالَى الْعُصَاةَ وَالْمُذْنِبِيْنَ إِذَا وَقَعَ مِنْهُمُ الْخَطَأُ وَاْلعِصْيَانُ أَنْ يَأْتُوْا إِلَى الرَّسُوْلِ صلى الله عليه وسلم فَيَسْتَغْفِرُوا اللهَ عِنْدَهُ، وَيَسْأَلُوْهُ أَنْ يَسْتَغْفِرَ لَهُمْ، فَإِنَّهُمْ إِذَا فَعَلُوْا ذَلِكَ تَابَ اللهُ عَلَيْهِمْ وِرِحِمَهُمْ وَغَفَرَ لَهُمْ، وَلِهَذَا قَالَ: { لَوَجَدُوا اللَّهَ تَوَّابًا رَحِيمًا }وَقَدْ ذَكَرَ جَمَاعَةٌ مِنْهُمْ: الشَّيْخُ أَبُوْ نَصْرِ بْنُ الصَّبَاغِ فيِ كِتَابِهِ "الشَّامِل" الْحِكَايَةَ الْمَشْهُوْرَةَ عَنِ اْلعُتْبي، قال: كُنْتُ جَالِسًا عِنْدَ قَبْر ِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَجَاءَ أَعْرَابِيٌّ فَقَالَ : السَّلَامُ عَلَيْكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ سَمِعْتُ اللَّهَ - تَعَالَى - يَقُولُ { وَلَوْ أَنَّهُمْ إذْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ جَاءُوكَ فَاسْتَغْفَرُوا اللَّهَ وَاسْتَغْفَرَ لَهُمْ الرَّسُولُ لَوَجَدُوا اللَّهَ تَوَّابًا رَحِيمًا} وَقَدْ ظَلَمْتُ نَفْسِي وَجِئْتُكَ مُسْتَغْفِرًا مِنْ ذَنْبِي مُسْتَشْفِعًا بِكَ إلَى رَبِّي ، ثُمَّ أَنْشَأَ يَقُولُ : يَا خَيْرَ مَنْ دُفِنَتْ فِي الْأَرْضِ أَعْظُمُهُ فَطَابَ مِنْ طِيبِهِنَّ الْقَاعُ وَالْأَكَمُ نَفْسِي الْفِدَاءُ لِقَبْرٍ أَنْتَ سَاكِنُهُ فِيهِ الْعَفَافُ وَفِيهِ الْجُودُ وَالْكَرَمُ ثُمَّ انْصَرَفَ . قَالَ الْعُتْبِيُّ : فَغَلَبَتْنِي عَيْنَايَ فَرَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي النَّوْمِ فَقَالَ لِي : يَا عُتْبِيُّ الْحَقْ الْأَعْرَابِيَّ فَبَشِّرْهُ أَنَّ اللَّهَ قَدْ غَفَرَ لَهُ (تفسير ابن كثير - (ج 1 / 573)
Dengan ayat ini (an-Nisa' : 64) Allah swt memberikan petunjuk pada orang-orang yang berbuat maksiat dan berdosa, jika mereka melakukan kesalahan dan kemaksiatan, agar supaya datang kepada Rasulullah saw, dan memohon ampunan Allah (taubat) di sisi Nabi Muhammad saw. Dan mereka minta kepada Rasul agar memohonkan ampunan kepada Allah untuk mereka. Jika mereka melakukan itu semua, maka Allah mangasihi dan mengampuni mereka. Karena ini sebagaimana firmannya (maka sungguh mereka mendapati Allah Maha Pengampun dan Maha Penyayang). Mayoritas salafus shalihin telah menyebutkan (dalam menafsiri ayat ini) diataranya As-Syekh Abu Manshur As-Shibagh dalam kitabnya "As-Syaami" dari sahabat Al-Ataby; berkata: saya duduk di sisi kuburan Nabi SAW maka datanglah seorang Badui dan ia berkata: Assalamu’alaika ya Rasulullah! Saya telah mendengar Allah berfirman; Sesungguhnya Jikalau mereka ketika menganiaya dirinya datang kepadamu (Muhammad), lalu memohon ampun kepada Allah, dan rasul pun memohonkan ampun untuk mereka, tentulah mereka mendapati Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang. (Q.S an-Nisa' : 64); dan saya telah datang kepadamu dengan meminta ampun akan dosaku dan memohon syafa'at / pertolongan dengan wasilahmu (Nabi) kepada Allah, kemudian ia membaca syair memuji-muji Rasulullah…., kemudian orang Badui tadi pergi, maka saya ketiduran dan bermimpi bertemu Rasulullah, beliau bersabda: Wahai Ataby temuilah orang Badui tadi sampaikan kabar gembira bahwa Allah telah mengampuni dosanya.
KLIK
http://www.iid-alraid.de/EnOfQuran/Tafseer/TafseerBooks/kathir/kathir088.htm.
Ketujuh: Pendapet Imam Malik waktu ditanye kemane menghadap saat berdoa, ke kiblat atau ke kubur Rasulullah saww ? Imam Malik menjawab:
وَلِمَ تَصْرِفْ وَجْهَك عَنْهُ وَهُوَ وَسِيلَتُك وَوَسِيلَةُ أَبِيك آدَمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ إِلَى اللَّهِ عَزَّ وَجَل يَوْمَ الْقِيَامَةِ؟ بَل اسْتَقْبِلْهُ وَاسْتَشْفِعْ بِهِ فَيُشَفِّعُهُ اللَّهُ
Mengapa (harus) engkau palingkan wajahmu darinya, sedangkan dia adalah wasilahmu dan wasilah Adam bapakmu kepada Allah SWT pada hari kiamat ? Akan tetapi menghadaplah kepadanya (kubur Nabi), dan mintalah dengannya (wasilah nabi saww, yakni wasilah kecintaan kepada nabi) maka Allah akan menolong engkau.
وَقَدْ رَوَى هَذِهِ الْقِصَّةَ أَبُو الْحَسَنِ عَلِيُّ بْنُ فِهْرٍ فِي كِتَابِهِ " فَضَائِل مَالِكٍ " بِإِسْنَادٍ لاَ بَأْسَ بِهِ وَأَخْرَجَهَا الْقَاضِي عِيَاضٌ فِي الشِّفَاءِ مِنْ طَرِيقِهِ عَنْ شُيُوخٍ عِدَّةٍ مِنْ ثِقَاتِ مَشَايِخِهِ
Imam Nawawi jg punye pendapet nyang same
وَقَال النَّوَوِيُّ فِي بَيَانِ آدَابِ زِيَارَةِ قَبْرِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ثُمَّ يَرْجِعُ الزَّائِرُ إِلَى مَوْقِفٍ قُبَالَةَ وَجْهِ رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَيَتَوَسَّل بِهِ وَيَسْتَشْفِعُ بِهِ إِلَى رَبِّهِ،
KLIK
الكتب » الشفا بتعريف حقوق المصطفى
http://www.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?bk_no=118&ID=1&idfrom=1&idto=165&bookid=118&startno=97
الكتاب: أرشيف ملتقى أهل الحديث
http://sh.rewayat2.com/gwame3e/Web/31616/046.htm
http://islamport.com/d/2/fqh/1/35/799.html
Allahumma Shalli ala Muhammad wa Aali Muhammad. —
wasilah dengan perantara nabi yg sudah wafat memang ada khilaf diantara ulama,, tp klo berwasilah dgn perantara org sholeh (bukan nabi)yg sdah meninggal ap ad dalilnye?? gimane carenya kite minte didoa'in sm org yg udh mati?? yg ade malah kite nyang harusnye doa'in mereka..
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusDengan diperbolehkannya bertawassul kepada nabi Dan tidak adanya laranGan untuk bertawassul kepada selain nabi..mak itu sudah cukup untuk menghukumi bahwa bertawassul kepada orang saleh diperbolehkan dalam islam. Karena segala sesuatu itu dapat kit hukumi halal selama tidak ada dalil yang melarangnya.hukum halal adalah hukum pertama dan hukum haram adalah hukum kedua setelah kita menemukan dalil-dalil yang mengharamkan.
BalasHapusBegonoh bro.m..