judul blog

Gudang Data Notes dan SS Facebookers Syiah Berikut Beberapa Tulisan Penting Seputar Syiah

Minggu, 07 Oktober 2012

TABARRUK (NGALAP BERKAH) DI MAKAM ANBIYYA', AULIYA & SHOLIHIN AMALAN SYIRIK ATO SUNNAH



Malik Al-Asytar

4 Oktober

DALIL-DALIL TABARRUK

Bantahan atas tudingan dan tuduhan Wohabob/Wohaboy/Wohabi As-Salep nyang bilang kalo Tabarruk ntuh amalan Musyrik.



AYAT-AYAT NYANG BICARE TENTANG KEBERKAHAN

Jangankan pare Nabi, Auliya dan Sholihiin, ternyate aer hujan aje mengandung keberkahan buat seluruh mahluk.

وَنَزَّلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً مُبَارَكًا

"Dan Kami turunkan dari langit air yang diberkahi…" [Suroh Qaaf : 9].

Semue nyang Allah berikan buat Mahluk-Nya pasti mengandung keberkahan. Emangnye ade limpahan pemberian dari Allah nyang lebih utame dari pare utusan Allah, pare Auliya dan Sholihiin nyang jelas-jelas kekasih Allah ???

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالأرْضِ

“Jika sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi” [Al-A’raf : 96]

Rasulullah jg saww berkate:

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السَّحُورِ بَرَكَةً

“Sahurlah kalian, karena sesungguhnya dalam sahur itu terdapat barakah” [Al-Bukhari no. 1923].

Emangnye ente orang pikir kl makan sahur aje punye berkah terus pare Nabi, Auliya & Sholihin kagak punye keberkahan ???


NEH CONTOH KL ORANG-ORANG TERTENTU NYANG PASTINYE SHOLEH MEMILIKI BERKAH

- Gamis Nabi Yusuf as bise nyembuhin kebutaan Nabi Ya’qub as

"Pergilah kamu dengan membawa baju gamisku ini, lalu letakkanlah ia (gamis) kewajah ayahku, nanti ia akan melihat kembali; dan bawalah keluargamu semuanya kepadaku" (Surah Yusuf :93)

- Istri Nabi jg cerite soal keberkahan Juwairiyyah

Istri Nabi Aisyah berkate:

فَمَا رَأَيْنَا امْرَأَةً كَانَتْ أَعْظَمَ بَرَكَةً عَلَى قَوْمِهَا مِنْهَا

"Tidaklah kami pernah melihat melihat seorang wanita yang lebih besar BAROKAH-nya bagi kaumnya daripada Juwairiyyah" [Sunan Abu Dawud no. 3931, Ahmad 6/277, Ibnu Hibban no. 4054-4055].


RASUL SAWW GUNAIN TANGANNYE NYANG PENUH BERKAH BUAT NGOBATIN ORANG SAKIT

Sambil berdoa Rasul saww gunain tangannye nyang penuh berkah buat nyembuhin orang sakit.

حَدَّثَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، حَدَّثَنَا يَحْيَى، عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ الْأَعْمَشِ، عَنْ مُسْلِمٍ، عَنْ مَسْرُوقٍ، عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: " كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُعَوِّذُ بَعْضَهُمْ يَمْسَحُهُ بِيَمِينِهِ أَذْهِبْ الْبَاسَ رَبَّ النَّاسِ وَاشْفِ أَنْتَ الشَّافِي، لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ، شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا "

Dari Masruq, dari Aisyah ia berkata : "Nabi saww biasa berdoa meminta perlindungan untuk sebagian keluarganya, lalu mengusapkan tangan kanan beliau dan berdoa : ‘Hilangkanlah kesengsaraan, wahai Rabb manusia. Sembuhkanlah karena Engkaulah Dzat yang bisa menyembuhkan. Tidak ada penyembuh melainkan Engkau. Suatu penyembuhan yang tidak lagi meninggalkan sakit" [Al-Bukhari].

KLIK

الكتب » صحيح البخاري » كِتَاب تَفْسِيرِ الْقُرْآنِ » سُورَةُ قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ

http://www.islamweb.net/hadith/display_hbook.php?bk_no=146&hid=5338&pid=368375


TERNYATE PARE SAHABEH DEMEN JG NGALAP BERKAH AME SESUATU NYANG BERHUBUNGAN AME NABI TERMASUK DI KUBURAN NABI (TABARRUKAN)

A. Ibnu Abbas ngalap berkah dari aer hujan bukan mao nyuci-nyuci neh, setiap hujan turun Ibnu Abbas berkate:

يا جارية، أخرجي سرجي، أخرجي ثيابي. ويقول : (وَنَزَّلْنَا مِنَ السَّمَاءِ َ مَاءً مُبَارَكاً).

“Wahai pelayan, keluarkanlah pelanaku dan pakaianku”. Kemudian ia (Ibnu ‘Abbas) membaca ayat : “Dan Kami turunkan dari langit air yang dibekahi” (Al-Bukhari; Al-Adabul-Mufrad).

KLIK

الكتب » الأدب المفرد للبخاري » الأدب المفرد للبخاري » بَابُ التَّيَمُّنِ بِالْمَطَرِ

http://www.islamweb.net/hadith/display_hbook.php?bk_no=141&pid=36449&hid=1206

B. Sahabeh minum aer nyang keluar dari jari-jari Rasul saww & Rasul saww bilang kalo ntuh aer mengandung keberkahan.

حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى، حَدَّثَنَا أَبُو أَحْمَدَ الزُّبَيْرِيُّ، حَدَّثَنَا إِسْرَائِيلُ، عَنْ مَنْصُورٍ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، عَنْ عَلْقَمَةَ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ، قَالَ: كُنَّا نَعُدُّ الْآيَاتِ بَرَكَةً وَأَنْتُمْ تَعُدُّونَهَا تَخْوِيفًا، كُنَّا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي سَفَرٍ فَقَلَّ الْمَاءُ، فَقَالَ: " اطْلُبُوا فَضْلَةً مِنْ مَاءٍ فَجَاءُوا بِإِنَاءٍ فِيهِ مَاءٌ قَلِيلٌ فَأَدْخَلَ يَدَهُ فِي الْإِنَاءِ، ثُمَّ قَالَ: حَيَّ عَلَى الطَّهُورِ الْمُبَارَكِ وَالْبَرَكَةُ مِنَ اللَّهِ فَلَقَدْ رَأَيْتُ الْمَاءَ يَنْبُعُ مِنْ بَيْنِ أَصَابِعِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَلَقَدْ كُنَّا نَسْمَعُ تَسْبِيحَ الطَّعَامِ وَهُوَ يُؤْكَلُ "

Dari Abdullah, ia berkata : “Kami dulu menganggap ayat-ayat Allah sebagai satu barakah, sedangkan kalian menganggapnya sebagai satu hal yang menakutkan. Dulu kami pernah bersama Rasulullah safar, dan waktu itu kami mengalami defisit air. Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : ‘Carilah kelebihan air’. Para shahabat datang dengan sebuah bejana yang berisi sedikit air. Lalu beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam memasukkan tangannya ke dalam bejana, lalu bersabda : “KEMARILAH MENUJU AIR SUCI DAN DIBERKAHI, DAN BARAKAH ITU BERASAL DARI ALLAH” Sungguh, aku melihat air memancar di antara jari-jari Rasulullah. Dan sungguh kami mendengar tasbihnya makanan ketika dimakan” [Al-Bukhari].

KLIK

http://www.eislamexplorer.org/index.php?ID=Hadith&Book=Bukhari&HNo=3337

C. Setelah Rasul saww wafat, Asma binti Abubakar menjadikan baju beliau saww sebagai pengobatan, bila ada yg sakit maka ia mencelupkan baju Rasul saww itu di air lalu air itu diminumkan pada yg sakit (shahih Muslim No.2069).

D. Sahabeh Abu Ayyub ngalap berkah di makam Nabi saww sambil nempelin wajahnye di makam Nabi.

حَدَّثَنَا عَبدُ الْمَلِكِ بنُ عَمْرٍو، حَدَّثَنَا كَثِيرُ بنُ زَيْدٍ، عَنْ دَاوُدَ بنِ أَبي صَالِحٍ، قَالَ: أَقْبلَ مَرْوَانُ يَوْمًا فَوَجَدَ رَجُلًا وَاضِعًا وَجْهَهُ عَلَى الْقَبرِ، فَقَالَ: أَتَدْرِي مَا تَصْنَعُ؟ فَأَقْبلَ عَلَيْهِ فَإِذَا هُوَ أَبو أَيُّوب، فَقَالَ: نَعَمْ، جِئْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَلَمْ آتِ الْحَجَرَ، سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: " لَا تَبكُوا عَلَى الدِّينِ إِذَا وَلِيَهُ أَهْلُهُ، وَلَكِنْ ابكُوا عَلَيْهِ إِذَا وَلِيَهُ غَيْرُ أَهْلِهِ "

Dari Dawud bin Abi Shalih, ia berkata : Pada suatu hari Marwan mendapati seorang laki-laki yang meletakkan wajahnya di atas kubur Nabi. Marwan berkata : “Apakah engkau mengetahui apa yang kamu perbuat itu ?”. Lalu ia mendekatinya, dan ternyata laki-laki itu adalah Abu Ayyub. Abu Ayyub menjawab : “YA AKU MENDATANGI RASULULLAH DAN AKU TIDAK MENDATANGI BATU. Aku mendengar Rasulullah bersabda : “Janganlah kalian menangis karena agama seandainya ia telah diurus oleh ahlinya. Namun tangisilah ia jika diurus selain dari ahlinya” [Musnad Ahmad-Shohih].

KLIK

الكتب » مسند أحمد » باقي مسند الأنصار » حديث أبي أيوب الأنصاري رضي الله تعالى عنه

http://www.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?bk_no=6&ID=1087&idfrom=22402&idto=22493&bookid=6&startno=82

E. Riwayat Sa'ib : "Aku diajak oleh bibiku kepada Rasul saww, seraya berkata : Wahai Rasulullah.., keponakanku sakit.., maka Rasul saww mengusap kepalaku dan mendoakan keberkahan padaku, lalu beliau berwudhu, lalu aku meminum air dari bekas wudhu beliau saww, lalu aku berdiri dibelakang beliau dan kulihat Tanda Kenabian beliau saww" (Shahih Muslim No.2345).

F. Diriwayatkan ketika Anas bin malik pada detik detik sakratul maut ia yg memang telah menyimpan sebuah botol berisi keringat Rasul saww dan beberapa helai rambut Rasul saww, maka ketika ia hampir wafat ia berwasiat agar botol itu disertakan bersamanya dalam kafan dan hanut nya (Al- Bukhari No.5925)


IMAM AHMAD BIN HANBAL & IBNU HAJAR AL-ATSQOLANI NGEBOLEHIN NGALAP BERKAH MENCIUM, MENGUSAP MAKAM & MIMBAR NABI.

Imam Ahmad bin Hanbal bilang kagak ape-ape ngalap berkah dgn mencium, ngusap kubur & mimbar Nabi lalu diusapin ke muka

أحمد بن حنبل - كتاب العلل ومعرفة الرجال - الجزء : ( 2 ) - رقم الصفحة : 492

- ( 3243 ) - سألته عن الرجل يمس منبر النبي (ص) ويتبرك بمسه ويقبله ويفعل بالقبر مثل ذلك أو نحو هذا يريد بذلك التقرب إلى الله عزوجل فقال : لا بأس بذلك

Abdullah bin Ahmad bin Hanbal berkate : "Aku pernah bertanya kepadanya (Ahmad) tentang seseorang yang mengusap mimbar Nabi saww dan bertabarruk dengan usapannya itu, serta menciumnya. Dan ia melakukan hal yang serupa terhadap kubur beliau shallallaahu atau yang semisal ini, yang dimaksudkan dengan perbuatannya itu untuk bertaqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah ?. Ia (Ahmad) menjawab : "Tidak mengapa dengan hal itu" [Al-Ilal wa Ma’rifatir-Rijal, 2/492].

إبن حجر - فتح الباري شرح صحيح البخاري - كتاب الحج - باب من لم يستلم إلاّ الركنين اليمانيين - رقم الصفحة : 555

- ( فائدة أخرى ) : إستنبط بعضهم من مشروعية تقبيل الأركان جواز تقبيل كل من يستحق التعظيم من آدمي وغيره فأما تقبيل يد الآدمي فيأتي في كتاب الأدب ، وأما غيره فنقل عن الإمام أحمد أنه سئل عن تقبيل منبر النبي (ص) وتقبيل قبره فلم ير به بأساً ، وإستبعد بعض أتباعه صحة ذلك ونقل عن بن أبي الصيف اليماني أحد علماء مكة من الشافعية جواز تقبيل المصحف وأجزاء الحديث وقبور الصالحين وبالله التوفيق.

Ibn Hajar mengatakan- bahwa sebagian ulama mengambil dalil dari disyari'atkannya mencium hajar aswad, kebolehan mencium setiap yang berhak untuk diagungkan; baik manusia atau lainnya, -dalil- tentang mencium tangan manusia telah dibahas dalam bab Adab, sedangkan tentang mencium selain manusia, telah dinukil dari Ahmad ibn Hanbal bahwa beliau ditanya tentang mencium mimbar Rasulullah dan kuburan Rasulullah, lalu beliau membolehkannya, walaupun sebagian pengikutnya meragukan kebenaran nukilan dari Ahmad ini. Dinukil pula dari Ibn Abi ash-Shaif al-Yamani, -salah seorang ulama madzhab Syafi'i di Makkah-, tentang kebolehan mencium Mushaf, buku-buku hadits dan makam orang saleh. Kemudian pula Ath-Thayyib an-Nasyiri menukil dari al-Muhibb ath-Thabari bahwa boleh mencium kuburan dan menyentuhnya, dan dia berkata: Ini adalah amaliah para ulama saleh.

KLIK

http://hadith.al-islam.com/Page.aspx?pageid=192&BookID=33&TOCID=1032


IMAM SYAFI’I NGALAP BERKAH DI MAKAM IMAM AHMAD BIN HANBAL SETIAP HARI DAN HAJATNYE DIKABULIN

- Al-Khathib fi tarikh menceritakan dari Ali ibn Maimun bahwa Imam Syafi’i pernah berkate:

إني لأتبرك بأبي حنيفة وأجيئ إلى قبره في كل يوم – يعني زائرا- فإذا عَرضت لي حاجة صليت ركعتين وجئت إلى قبره وسألت الله تعالى الحاجة عنده فما يبعد عني حتى تقضى

Sesungguhnya aku bertabarruk dengan Abi Hanîfah dan datang ke kuburnya –yakni ziarah kubur-. Apabila aku mempunyai hajat, maka aku shalat sunnah dua rakaat kemudian datang ke kuburan Beliau dan meminta hajatku kepada Allah. Tidak lama kemudian hajatkupun terpenuhi.

- Al-Badr al-Aini; Umdah al-Qari menukil dari Ath-Thabari bahwa ia berkate:

وَيُمْكِنُ أَنْ يُسْتَنْبَطَ مِنْ تَقْبِيْلِ الْحَجَرِ وَاسْتِلاَمِ الأَرْكَانِ جَوَازُ تَقْبِيْلِ مَا فِيْ تَقْبِيْلِهِ تَعْظِيْمُ اللهِ تَعَالَى فَإِنَّهُ إِنْ لَمْ يَرِدْ فِيْهِ خَبَرٌ بِالنَّدْبِ لَمْ يَرِدْ بِالكَرَاهَةِ، قَالَ: وَقَدْ رَأَيْتُ فِيْ بَعْضِ تَعَالِيْقِ جَدِّيْ مُحَمَّدِ بْنِ أَبِيْ بَكْرٍ عَنْ الإِمَامِ أَبِيْ عَبْدِ اللهِ مُحَمَّدِ بْنِ أَبِيْ الصَّيْفِ أَنَّ بَعْضَهُمْ كَانَ إِذَا رَأَى الْمَصَاحِفَ قَبَّلَهَا وَإِذَا رَأَى أَجْزَاءَ الْحَدِيْثِ قَبَّلَهَا وَإِذَا رَأَى قُبُوْرَ الصَّالِحِيْنَ قَبَّلَهَا، قَالَ: وَلاَ يَبْعُدُ هذَا وَاللهُ أَعْلَمُ فِيْ كُلِّ مَا فِيْهِ تَعْظِيْمٌ للهِ تَعَالَى.

Dapat diambil dalil dari disyari'atkannya mencium hajar aswad dan melambaikan tangan terhadap sudut-sudut Ka’bah tentang kebolehan mencium setiap sesuatu yang jika dicium maka itu mengandung pengagungan kepada Allah. Karena meskipun tidak ada dalil yang menjadikannya sebagai sesuatu yang sunnah, tetapi juga tidak ada yang memakruhkan. Ath-Thabari melanjutkan: Aku juga telah melihat dalam sebagian catatan kakek-ku; Muhammad ibn Abi Bakar dari al-Imam Abu Abdillah Muhammad ibn Abu ash-Shaif, bahwa sebagian ulama dan orang-orang saleh ketika melihat mushaf mereka menciumnya. Lalu ketika melihat buku-buku hadits mereka menciumnya, dan ketika melihat kuburan orang-orang saleh mereka juga menciumnya. Ath-Thabari mengatakan: Ini bukan sesuatu yang aneh dan bukan sesuatu yang jauh dari dalilnya, bahwa termasuk di dalamnya segala sesuatu yang mengandung unsur Ta'zhim (pengagungan) kepada Allah.


Allahumma shalli ala Muhammad wa Aali Muhammad..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Allah