judul blog

Gudang Data Notes dan SS Facebookers Syiah Berikut Beberapa Tulisan Penting Seputar Syiah

Rabu, 10 Oktober 2012

Sekelumit Hikmah Haji/Umrah

oleh: Sinar Agama

Bismillah: Sekelumit Hikmah Haji/Umrah



Aas Asmawati

Assalamu'alaikum..

Pak ustad..

Apa hikmahnya dari pelaksana'an umroh?





Sinar Agama: Salam dan trims pertanyaannya:



Hikmah terbesar haji/umrah adalah:



1- Meningkatkan derajat tauhid yg bersifat pernungan.



2- Meningkatkan derajat tauhid yg bersifat aplikasi.



3- Melenyapkan diri di dalam diri dari segala keburukan spt ego, sombong dan makam2 dunia.



4- Melenyapkan diri di dalam diri dari segala kebaikan.



5- Menatap syi'ar Tuhan dg perbuatan dimulai dari tauhid (dg simbol Ka'bah), lampa2/jejak2 para nabi (spt nabi Muhammad saww dan Ibrahim as) dan para wali (spt siti Hajar as).



6- Meresapi dan berusa merasakan, apa2 yg telah dilakukan oleh nabi Ibrahim as dg melempar jumrah dan siti Hajar as yg lari ke sana ke mari. Tentu dg melihat hakikat syethan (jin dan manusia) dan memeranginya dengan nyata, dan melihat keimanan siti Hajar as yg bgt yakinnya pada seorang nabi hingga mau ditinggal sendiri dg anak balitanya (nabi Islamail as) di tangah sahara yg tdk ada tanaman dan tdk berpenghuni sama sekali.



7- Sdh tentu melihat keagungan dan ketaatan serta pengorbanan Nabi saww sendiri. Keagungan karena semua pekerjaan dan filsafat haji/umrah itu terjadi dlm kontrol kanjeng Nabi saww dan syariat beliau saww. Ketaatan, karena kanjeng Nabi saww adalah paling taatnya makhluk Tuhan hingga melingkupi semua agama2 sebelumnya. Pengorbanan, karena melebihi apa2 yg bahkan terjadi pada nabi Ibarhim as sendiri. Karena ketika beliau as mendapat ujian membunuh anaknya, Allah mengggantikanya dg kambing, akan tetapi untuk kanjeng Nabi saww, ketika berita dari Tuhan datang bhw putra kesayangan beliau saww yg bernama imam Husain as akan digorok dan dicabik-cabik umatnya sendiri, Allah tidak menggantinya dg kambing atau yg lainnya. Tp justru beliau saww dan putranya bahkan sangat merindukan kedatangannya. Karena itulah bahkan para nabi2 terdahulu yg dikabari Tuhan akan peristiwa itu, sangat menginginkan bersama imam Husain as di Karbala.



8- Tantu saja masih banyak lagi hikmah2 haji atau umrah lainnya dan, sdh tentu point2 di atas itu sangat perlu kepada perincian walau global.



wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Allah