judul blog

Gudang Data Notes dan SS Facebookers Syiah Berikut Beberapa Tulisan Penting Seputar Syiah

Jumat, 06 Desember 2013

Al’adalah Bukti (7): Bahwa mustahil bagi Wajib al-Wujud untuk melakukan ketidakadilan sekecil apa pun

Ketidakadilan adalah karena beberapa hal.

(i)            Kebodohan. Terkadang seorang berbuat zalim karena ia tidak tahu dan tidak menyadarinya.

(ii)            Kebutuhan. Adanya kebutuhan seseorang akan sesuatu bisa menciptakan bias, sehingga menimbulkan kezaliman.

(iii)            Ketakmampuan. Ada kalanya seseorang tidak mampu melakukan keadilan walaupun ia menginginkan untuk melakukannya, sehingga ia terlibat pada ketidakadilan.

(iv)            Egoisme. Sering egoisme membuat seseorang melanggar hak orang lain, atau melakukan sesuatu yang tidak patut untuk dilakukan. Di antara egoisme juga adalah dendam, amarah dan lain-lain.

Sedangkan Wajib al-Wujud

(i)            Mahatahu, sehingga mustahil baginya kebodohan apapun. IlmuNya meliputi segala sesuatu dengan suatu sifat

(ii)            Mahakaya, sehingga bebas dari semua kebutuhan. Sungguh Ia adalah Kesempurnaan Hakiki sehingga mustahil membutuhkan apa pun selain DiriNya.

(iii)            Mahakuasa, sehingga bebas dari semua ketakmampuan dan kelemahan.

(iv)            Mahabaik, sehingga bebas dari semua “egoisme”. Bahwa Wajib al-Wujud adalah khayrun mahdhun (kebaikan murni). EksistensiNya melimpahkan kebaikan maksimal bagi seluruh ciptaannya.

Maka Mahasuci Ia dari semua ketidakadilan apa pun ! Mustahil bagiNya untuk melakukan ketidakadilan sekecil apa pun!

Ia, Yang Mahasuci lagi Mahaagung, berfirman

Sesungguhnya Allah tidak berbuat zalim kepada manusia sedikitpun, akan tetapi manusia itulah yang berbuat zalim kepada diri mereka sendiri. (QS Y?NUS[10]:44)

Sesungguhnya Allah tidak menganiaya seseorang walaupun sebesar zarrah, dan jika ada kebajikan sebesar zarrah, niscaya Allah akan melipat gandakannya dan memberikan dari sisi-Nya pahala yang besar. (QS AN-NIS?[4]:40)

Dan tentang hari kebangkitan , Ia, Yang Mahasuci lagi Mahaagung, berfirman

Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari kiamat, maka tiadalah dirugikan seseorang barang sedikitpun. Dan jika (amalan itu) hanya seberat biji sawipun pasti Kami mendatangkan (pahala)nya. Dan cukuplah Kami sebagai pembuat perhitungan.….. (QS 21:47)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Allah