judul blog

Gudang Data Notes dan SS Facebookers Syiah Berikut Beberapa Tulisan Penting Seputar Syiah

Jumat, 06 Desember 2013

Al-’adalah Catatan (8): PerintahNya agar manusia melakukan keadilan dan menolak kezaliman

Pada satu sisi, Tuhan Yang Mahapengasih lagi Mahapenyayang, memerintahkan manusia untuk menegakkan keadilan. Di sisi lain, pada saat yang sama, Tuhan Yang Mahapengasih lagi Mahapenyayang juga memerintahkan manusia untuk menolak kezaliman.

Al-Qur’an mengatakan

Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran. (QS an-Nahl[16]:90)

Al-Qur’an juga mengatakan=

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman. (QS al-Baqarah[2]:278)

Menegakkan keadilan dan menolak kezaliman adalah salah satu bentuk kebaikan tertinggi yang dilakukan manusia. Melaluinya, manusia mencerap Sifat Ilahiyah Al-‘Adl, yang merupakan totalitas dari Kebaikan Ilahi.

Di sisi lain, tidak menegakkan keadilan atau tidak menolak kezaliman merupakan jalan yang dengan cepat akan menjauhkan manusia dari haribaan Kasih dan KepemurahanNya. Seseorang yang membiasakan dirinya dalam tidak menegakkan keadilan atau tidak menolak kezaliman akan mengalami penurunan terus menerus dari sisi kapasitas dirinya untuk menerima limpahan Kasih dan KepemurahanNya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Allah