judul blog

Gudang Data Notes dan SS Facebookers Syiah Berikut Beberapa Tulisan Penting Seputar Syiah

Jumat, 25 November 2011

KEPEDULIAN PENUH PARA IMAM-IMAM AHLULBAIT AS TERHADAP HADIST

oleh Wiro Sableng pada 20 September 2011 jam 14:35


Bismillahirrahmaanirrahiim,

Allahumma Sholli ala Muhammad wa Aali Muhammad



1 - بسنده عن أبي بصير قال: سمعت أبا عبد الله عليه السلام يقول : اكتبوا فانكم لا تحفظون حتى تكتبوا .



Dengan sanad dari Abu Bashir, ia berkata,"Aku mendengar Abu Abdillah as berkata,"Tulislah, karena kalian tidak akan dapat menghapal tanpa kalian menulis!".





2 - وفيه بسنده عن عبيد بن زرارة قال: قال أبو عبد الله عليه السلام : احتفظوا بكتبكم فإنكم سوف تحتاجون إليها .




Dengan sanad dari Abaid bin Zuroroh, ia berkata,"Jagalah kitab-kitab kalian, sesungguhnya kalian akan terus membutuhkannya!".



3 - وعن المفضل بن عمر ، قال : قال لي أبو عبد الله عليه السلام : اكتب وبث علمك في إخوانك ، فإن مت فأورث كتبك بنيك ، فإنه يأتي على الناس زمان هرج لا يأنسون فيه بكتبهم .



Dari Mufaddhol bin Umar, ia berkata, Abu Abdillah as berkata,"Tulis dan sebarkanlah ilmumu kepada ikhwanmu, jika kamu mati maka wariskanlah kitab-kitabmu ke anak-anakmu, karena akan datang kepada manusia suatu zaman kesusahan dan mereka tidak akan bersandar kecuali kepada kitab-kitab mereka".





4 - عن محمد بن الحسن بن أبي خالد شينولة قال: قلت لأبي جعفر الثاني عليه السلام : جعلت فداك إن مشايخنا رووا عن أبي جعفر وأبي عبد الله عليهما السلام وكانت التقية شديدة فكتموا كتبهم ولم ترو عنهم فلما ماتوا صارت الكتب إلينا فقال: حدثوا بها فإنها حق *




dari Muhamad bin Hasan bin Abi Kholid Syainulah, ia berkata, aku bertanya kepada Abu Jafar ats-Tsani as (Imam Ali al-Hadi as),"Demi diriku yang menjadi tebusanmu, para guru-guru kami mewriwayatkan dari Abu jafar as (Imam al-Baqir as) dan Abu Abdillah as (Imam Jafar as-Shodiq as), dan pada saat itu mereka melakukan taqiyah dngan sangat ketat sekali, mereka menyembunyikan kitab-kitab mereka dan tidak ada yang diriwayatkan dari mereka, ketika mereka meninggal dunia maka kitab-kitab tersebut berada di tangan kami", lalu Imam as berkata,"Berbicaralah dengan kitab-kitab tersebut, karena itu adalah benar!".









NAH SEKARANG KITA LIAT YUK, SEJAUH MANA KEPEDULIAN SANG PENDEKAR HADIST (BUKHORI) TERHADAP HADIST-HADIST RASUL SAWW....



CEKIBROT...!!







قال محمد بن الأزهر السجستاني: كنت في مجلس سليمان بن حرب والبخاري معنا يسمع ولا يكتب فقيل لبعضهم

ماله لا يكتب فقال يرجع إلى بخاري ويكتب من حفظه

.
المصدر: مقدمة فتح الباري لابن حجر ص 479




Muhamad bin al-Azhar as-Sajistani berkata,"Suatu hari aku berada di majlis Sulaiman bin Harb dan Bukhori ada bersama kami, ia mendengarkan namun tidak pernah menulis, sebagian orang berkata, mengapa ia tidak menulis? Muhamad menjawab,"Bukhori akan menulis sepulangnya ia ke Bukhoro, ia akan menuliskannya dari apa yang ia hapal".





* وقال أحيد بن أبي جعفر والي بخارى: قال محمد بن إسماعيل يوما: رب حديث سمعته بالبصرة كتبته بالشام ، ورب حديث سمعته بالشام كتبته بمصر

.
فقلت له: يا أبا عبد الله بكماله ؟ قال: فسكت

.
المصدر: سير أعلام النبلاء للذهبي ج 12 ص 411



Ahyad bin Abu Jafar yang menjabat sebagai gubernur Bukhoro berkata,"Sutu hari Muhamad bin Ismail (bukhori) berkata,"Banyak hadist yang aku dengar di Bashrah namun aku menulisnya ketika berada di Syam, dan banyak hadist yang aku dengar di Syam dan aku tulis di Mesir", lalu aku bertanya kepadanya,"Wahai Abu Abdillah, apakah kau menulisnya secara lengkap..?, perawi berkata,"Bukhori terdiam".





Penutup

Katanya sih Bukhori hapalannye kuat banget, sampe-sampe die g perlu lagi menulis secara langsung apa yang dia dengar, tapi bagi ane sih, lebih aman berpegang pada hadist-hadist dari pengikut setia para Aimmah Ahlulbait as, karena hadist-hadist dari mereka sudah jelas lebih terjaga keasliannya, karena munuliskan langsung apa yang mereka dengarkan dari para Imam as...bagaimanapun jenius, pinter, kuat hapalan dll, toh akhirnya mereka adalah manusia juga yang tak lepas dari kealpaan dan lupa, dalam masalah penting seperti ini hendaknya kita mengikuti jalan yang lebih aman dan jelas....



SEKARANG MAH YANG JELAS-JELAS AJE DEH....!!!!!



Wassalam,

Allahumma Sholli ala Muhammad wa Aali Muhammad, wal 'Aqibatu lil Muttaqiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Allah