judul blog

Gudang Data Notes dan SS Facebookers Syiah Berikut Beberapa Tulisan Penting Seputar Syiah

Senin, 18 April 2011

NAHJUL BALAGHOH DALAM TIMBANGAN

Tidak bisa dipungkiri, bahwa perkataan-perkataan Ali as berasal dari ilmu dan pengetahuannya yang dalam, ruhnya yang mulia dan kekuatan serta kearifannya. Rasulullah Saw dalam sabdanya, selalu menunjukkan keistimewaan karakteristik Ali bin Abi Thalib as dan mengajak umat untuk menikmati sumber ilmu dan ma'rifat ini. Ucapan masyhur Rasulullah mengenai Ali adalah sabda beliau yang berbunyi, "Aku adalah kota ilmu dan Ali adalah pintunya."

Anda tentunya tahu bahwa kitab Nahjul Balaghah yang ditulis oleh Sharif Radhi adalah kumpulan pemikiran dan petuah Imam Ali as. Ali adalah Manusia suci yang tak ada duanya sepanjang sejarah. Kata-kata, pidato dan surat-surat yang ditulisnya dan diabadikan oleh Syarif Radhi dalam Nahjul Balaghah adalah manifestasi dari kemuliaan dan keajaiban, yang mengalir dari hati penuh ma'rifat dan cinta kepada Allah. Karakteristik paling penting dari ucapan-ucapan Imam Ali as adalah kefasihan bahasa dan kedalaman makna yang dapat disaksikan dengan baik dalam Nahjul Balaghah. Sekarang, setelah 14 abad berlalu, umat manusia di era ini masih dapat menikmati keluwesan, keindahan dan keatraktifan Nahjul Balaghah.

Syeikh Muhammad Abduh, mufti Mesir tempo dulu, saat berada di negeri asing, berkenalan dengan kitab Nahjul Balaghah. Keberagaman materi dan topik yang dibahas dalam Nahjul Balaghah memberikan kepuasan tersendiri bagi lawan bicaranya dalam berbagai hal. Kitab ini membangkitkan keterpikatan dan ketertarikan luar biasa dalam dirinya sehingga ia sadar telah menemukan harta karun yang sangat berharga. Oleh karena itu, Syeikh Muhammad Abduh menulis syarah atau penjelasan ringkas tentang isi kitab Nahjul Balaghah yang hingga saat ini menjadi rujukan banyak orang yang ingin memahami secara singkat kandungan kata-kata, khutbah dan surat-surat Imam Ali as.

Syeikh Muhammad Abduh mengatakan, "Di masyarakat Arab, tidak ada seorangpun yang tidak berkeyakinan bahwa ucapan Ali as adalah ucapan paling mulia, paling fasih, paling dalam maknanya dan paling lengkap sesudah al-Quran dan Hadits Nabi."

Ali al-Jundi, Dekan Fakultas Ilmu di Universitas Kairo Mesir, dalam buku "Syair dan Hikmah Ali as" mengatakan, "Sebagian orang memiliki kemahiran dalam mengurai kata-kata singkat, sementara sebagian lagi mahir dalam menyampaikan khutbah-khutbah panjang. Dalam kedua hal itu, tak ada yang menandingi Ali as, sebagaimana halnya tak ada yang dapat mengungguli Ali dalam semua keutamaan."

Sayyid Radhi, sekitar seribu tahun yang lalu telah mengumpulkan perkataan-perkataan Ali as dalam bentuk khutbah, surat dan hikmah-hikmah singkat dalam buku berjudul Nahjul Balaghah. Beliau berkata, "Salah satu keajaiban yang hanya ada pada diri Ali as adalah ketika memperhatikan ucapan beliau tentang kezuhudan, wejangan dan penyadaran, orang akan menyangka bahwa penyampai ucapan ini hanya mengenal zuhud dan hidup menyendiri di mihrab serta menjauhkan diri dari kebisingan urusan duniawi. Tak akan ada yang percaya bahwa ucapan yang bergelombang dan penuh makna ini, keluar dari lisan seorang figur agung, yang ikut terlibat secara langsung di medan peperangan dengan gagah berani menghadapi musuh, meski demikian, ia adalah hamba Allah yang paling zuhud dan paling banyak beribadah."

Tidak bisa dipungkiri, bahwa perkataan-perkataan Ali as berasal dari ilmu dan pengetahuannya yang dalam, ruhnya yang mulia dan kekuatan serta kearifannya. Rasulullah Saw dalam sabdanya, selalu menunjukkan keistimewaan karakteristik Ali bin Abi Thalib as dan mengajak umat untuk menikmati sumber ilmu dan ma'rifat ini. Ucapan masyhur Rasulullah mengenai Ali adalah sabda beliau yang berbunyi, "Aku adalah kota ilmu dan Ali adalah pintunya."

Alangkah baiknya, kalau kita perhatikan ucapan Ali as sendiri. Suatu hari, salah satu sahabat Ali as ingin menyampaikan sebuah khutbah, tapi ia tak mampu dan lidahnya seakan terkunci. Ali as berkata, "Sesungguhnya lidah adalah bagian dari tubuh dan dikendalikan oleh otak. Jika otak tidak bergolak dan aktif, lidah juga tidak akan menghasilkan apapun. Namun, jika otak terbuka lidah juga akan terbuka. Ali as kemudian berkata, "Sesunguhnya kami adalah pemimpin pasukan kata-kata. Pohon kata-kata berakar di antara kami dan cabang-cabangnya bergantung di atas kepala kami."

Karena hubungan dan ikatannya yang luas dengan Tuhan, maka para kekasih Allah mampu mencapai puncak kesempurnaan tinggi yang tidak mampu dicapai oleh manusia biasa. Imam Ali as merupakan salah satu kekasih Allah yang paling menonjol. Pada pembahasan awal telah kami sebutkan bahwa dalam buku berjudul Nahjul Balaghah, beliau dapat lebih baik dikenali. Kitab Nahjlul Balaghah yang bak sebuah sumber air yang jernih dan bening, dapat membuka harta karun berharga dan makrifat ilahi dalam bagi kita.

Salah satu materi yang dalam Nahjul Balaghah dijelaskan dengan indah dan menarik adalah masalah ibadah serta perhatian terhadap zikir atau mengingat Tuhan. Pada prinsipnya, manusia memiliki pandangan yang berbeda dalam masalah ibadah. Sebagian besar orang memandang ibadah secara picik serta menganggapnya hanya sebagai pelaksanaan kewajiban atau bahkan transaksi dengan Tuhan. Sebagian memiliki pandangan yang arif dan bijak dalam masalah ibadah. Ibadah dalam Nahjul Balaghah dijelaskan secara apik, arif dan bijak.

Dalam pandangan Imam Ali as, ibadah merupakan tangga untuk naik mendekati Tuhan dan mi'raj ruhani ke arah pengenalan yang lebih jauh terhadap-Nya. Dengan kata lain, ibadah adalah perbuatan paling baik dan ungkapan syukur manusia kepada Tuhan pencipta alam semesta. Ali as menyatakan bahwa ibadah adalah mengingat Tuhan. Dan sekaitan dengan hal itu, beliau berkata, "Tuhan telah menjadikan dzikir akan diri-Nya sebagai penyinar hati. Lewat dzikir, jiwa dan hati bisa mendengar, melihat dan menjadi lemah lembut. Di saat tidak ada Nabi di tengah umat, Tuhan memiliki hamba yang dengan mereka Dia menyampaikan rahasia ilahi dan berbicara dengan akal mereka."

Kemudian, Ali as menjelaskan berbagai keadaan dan kedudukan yang dimiliki para ahli ibadah. Imam Ali as berkata, "Malaikat-malaikat selalu menjaga mereka, ketenangan memenuhi hati mereka. Pintu-pintu malakuti terbuka bagi mereka. Kasih sayang Ilahi yang tak terbatas, tercurahkan untuk mereka. Allah Swt melihat kedudukan dan derajat yang mereka peroleh melalui penyembahan dan pengabdian, menyukai amal mereka dan memuji kedudukan mereka. Di saat mereka menyebut Tuhan, mereka mencium bau ampunan Ilahi dan merasakan terkoyaknya tirai gelap dosa-dosa."

Dalam Islam, tertulis jelas bahwa ibadah menyatu dengan urusan keseharian. Sebagian ibadah dilakukan secara berkelompok dan memiliki faedah yang luar biasa. Ibadah yang bersifat pribadi juga telah diatur sedemikian rupa sehingga orang yang menjalankannya akan mengenal tugasnya di kehidupan ini. Misalnya shalat yang merupakan manifestasi penuh dari penyembahan dan ibadah, sebagian kewajibannya bersifat etika dan kemasyarakatan. Ibadah ini mengikat manusia dengan hal-hal kesucian, penghormatan hak orang lain, perhatian kepada waktu, dan kecintaan kepada hamba-hamba Tuhan yang mulia. Islam menilai semua pekerjaan sebagai ibadah berdasarkan niat suci yang baik dan benar.

Imam Ali as menyatakan bahwa dunia ibadah penuh dengan kenikmatan dan sensasi. Kenikmatan ibadah tidak dapat dibandingkan dengan kenikmatan duniawi apapun. Ibadah penuh dengan semangat dan gelora. Menurut Ali as orang yang beruntung adalah orang yang dibuai oleh belaian ibadah dan munajat. Barangsiapa yang melangkahkan kaki dan bermunajat kepada Allah akan mendapatkan ketenangan, keyakinan hakiki dan memasuki dunia terang penuh cahaya tanpa ada kegelapan di dalamnya atau kekhawatiran. Dunia ini sangat menyenangkan dan penuh keindahan.

Imam Ali as dalam Nahjul Balaghah berkaitan dengan hal ini berkata, "Betapa beruntung dan berbahagia orang yang melaksanakan perintah Tuhannya. Tuhan menjadi penolong baginya dan memuji pekerjaannya. Kesulitan dan kesusahan ibarat bagai batu yang hancur lebur tergiling ketika ia menyingkirkan rasa kantuk di malam hari dan menyamarakkannya dengan ibadah malam. Mereka adalah sekelompok orang yang mengusir rasa kantuk karena ketakutan akan hari kiamat. Orang-orang ini bangkit dari tempat tidurnya dan bibir-bibir mereka bergerak pelan memanggil dan berdzikir kepada Tuhannya. Mereka adalah pasukan Allah, mereka adalah orang orang yang beruntung."

Khotbah-khotbah Imam Ali as dinilai dan dihormati sedemikian tingginya di dunia Islam, sehingga hanya dalam waktu seabad setelah wafatnya, khotbah-khotbah itu telah diajarkan dan dibacakan sebagai kata terakhir di da­lam Filsafat Tauhid, sebagai ceramah-ceramah bagi pembangunan watak, sebagai sumber inspirasi yang luhur, sebagai khotbah-khotbah meyakinkan ke arah takwa, sebagai mercu penunjuk ke arah kebenaran dan keadilan, sebagai karya pujian yang menakjubkan tentang Nabi Muhammad (saw) dan Al-Quran al-Karim, sebagai pembicaraan yang meyakinkan tentang nilai-nilai spiritual Islam, sebagai diskusi-diskusi yang menakjubkan tentang sifat-sifat Tuhan, sebagai karya utama kesusastraan, dan sebagai model seni retorika dan keterampilan berbahasa.

:Abdul Hamid ibn Yahya (132 H.), seorang kaligrafis termasyhur pada masa Abbasiyyah.

(2) Ibn al-­Muqaffa (142 H.) mengambil alih tugas pengumpulannya. Jahizh al-Utsmani mengatakan bahwa Ibn al-Muqaffa telah menelaah khotbah-khotbah itu de­ngan sangat cermat dan biasa mengatakan bahwa is telah memuaskan diri­nya dari sumber pokok iimu pengetahuan dan kebijaksanaan dan setiap hari ia mendapatkan inspirasi baru dari khotbah-khotbah Imam Ali ini.

(3) Ibn Nadim, da­lam kitab biografinya al-Fihrist, mengatakan bahwa Hisyam Ibn Sa’ad al-Kalbi (146 H.) juga telah mengumpulkan khotbah-khotbah ini. (al-Fihrist, lbn Na­dim, jil. 7, hlm. 251)

Sejak abad itu dan seterusnya, abad demi abad, pars ulama, sejarawan dan ahli Hadis, membacakan khotbah-khotbah ini, mengutipnya dan membahas makna kata-kata Berta ungkapan yang digunakan Imam Ali, dan mengacunya bilamana mereka memerlukan rujukan tentang teologia, etika, Sunnah dan Al-Quran, atau tentang kesusastraan dan retorika.
:Umar ibn Bahr al-Jahizh (w. 255 H.; 688 M.) mengutip banyak khotbah dari Nahjul Balaghah dalam kitabnya al-Sayan wa at-Tabyin.

2. Ibn Qutaibah ad-Dainuri (w. 276 H.), dalam kitab-kitabnya ’Uyun al-Akhbar, dan Gharib al-Hadits mengutip banyak khotbah dan membahas pengertian dari banyak kata-kata dan ungkapan yang digunakan Imam Ali.

3. Ibn Wadhih al-Ya’qubi (w. 278 H.) menuliskan banyak khotbah dan ucapan Imam Ali dalam kitab Tarikh-nya.

4. Hanifah ad-Dainuri (280 H.) dalam kitabnya, Akhbar ath-Thiwal mengutip banyak khotbah dan ucapan Imam Ali.

5. Abul ’Abbas al-Mubarrad (286 H.), dalam bukunya Kitab al-Mubarrad, juga mengumpulkan banyak khotbah dan ucapan Imam Ali.
:Sejarawan al-Thabari (310 H.) mencatat beberapa dari khotbah ini di dalam kitabnya Tarikh al-Kabir.

2. Al-Halabi (320 H.) telah mengutip khotbah-khotbah ini di dalam kitabnya Tuhfat al-’Uqul. Para penuiis yang berikut ini pun telah mengutip Khotbah-khotbah dan ucapan-ucapan dari Nahjul Balaghah ini secara besar-besaran di dalam kitab-kitab mereka.

3. Ibn Warid (346 H.) dalam al-Mujtabni.

4. Ibn ’Abdi Rabbih (328 H.) dalam bukunya ‘Iqd al-Farid.

5. Siqat al-Islam Kulaini (329 H.) dalam al-Kafi.

6. Ali ibn Muhammad ibn ’Abdullah al-Mada’ini (335 H.) mengumpulkan khotbah-khotbah, Surat-Surat dan ucapan-ucapan Imam Ali dalam kitabnya Yaquth al-Hamawi menyebutkan tentang kitab ini di dalam Mu’jam al-Udaba’, jilid 5, hlm. 313.

7. Sejarawan Mas’udi (346 H.), dalam Muruj adz-Dzahab, telah mengutip beberapa dari Surat dan khotbah Imam Ali.

8. Abul Faraj al-Isfahani (356 H.) dalam al-Aghani.

9. Abu Ali al-Qali (356 H.) dalam an-Nawadir.

10. Syekh Shaduq (381 H.) dalam Kitab at-Tauhid, banyak mengutip khotbah, surat dan ucapan-ucapan ini.

:Syekh Mufid (421 H.) di dalam Kitab al-lrsyad, telah mengutip banyak khotbah, ucapan dan surat-surat Imam Ali.

2. Sayyid Radhi (420 H.) telah menyusun kumpulan khotbah, ucapan dan surat-surat Imam Ali as dan diberi judul : Nahjul Balaghah.

3. Syekh Tha’ifah Abu Ja’far Muhammad ibn Hasan at-Thusi (460 H.) yang hidup sezaman dengan Sayyid Radhi telah mengumpulkan beberapa dari khotbah ini jauh sebelum Sayyid Radhi melaksanakan karyanya.

Yang dapat dikumpulkan Sayyid Radhi dalam Nahjul Balaghah tidak seluruh khotbah dan ucapan Imam Ali. Mas’udi (346 H.) dalam kitabnya yang terkenal, Muruj adz-Dzahab (jilid II, him 33, cetakan Mesir) mengatakan bahwa khotbah-khotbah Imam Ali saja, yang telah dipelihara oleh berbagai orang, berjumlah lebih dari 480 khotbah. Khotbah-khotbah ini diucapkan langsung tanpa persiapan. Orang-orang telah menyalinnya dan telah menyusunnya dalam bentuk kitab; mereka membacakannya dan mengutip bagian-bagiannya ke dalam kitab-kitab mereka.

Nampaknya dari 480 khotbah itu sebagian telah hilang, dan yang dapat dliperoleh Sayyid Radhi hanya sekitar 245 khotbah. Di samping itu, ia juga telah mengumpulkan 75 pucuk surat dan lebih 200 ucapan. Hampir setiap khotbah, surat dan ucapan yang terkumpul di dalam Nahjul Balaghah terdapat di dalam kitab-kitab yang ditulis para penulis yang telah lama meninggal sebelum Sayyid Radhi dilahirkan, sedangkan sebagiannya lagi terdapat di dalam karya-karya para penulis yang walaupun sezaman dengannya namun lebih tua daripadanya dan telah menulis kitab-kitab mereka sebelum Nahjul Balaghah disusun. Sedemikian banyak kutipan para sarjana Muslim dan non Muslim, para ulama, filosof dan sejarawan yang memuji khotbah-khotbah, ucapan dan surat-surat Imam Ali as. Jika seluruh komentar sarjana itu dikumpulkan, maka semua itu akan menjadi sebuah buku yang terdiri dari ratusan halaman. Sementara itu, di bawah ini hanya dicantumkan sebagian kecilnya saja.

1. Ibn Atsir (606 H.) sampai sekarang bukan saja diakui sebaga perawi hadis, tetapi juga seorang pakar besar tentang kata dan kosa kata. Kitabnya an-Nihayah wal Bidayah merupakan kitab sejarah dan makna kata-kata sulit dari Al-Quran dan Hadis. Di dalam kitabnya itu, ia membahas panjang lebar banyak perkataan, ungkapan dan kalimat-kalimat khotbah Imam Ali dari kitab Nahjul Balaghah. la mengatakan bahwa sejauh berkaitan dengan sisi komprehensifnya, kata-kata Imam Ali hanya di bawah Al-Quran.

2. Allamah Syekh Kamaluddin ibn Muhammad Thalhah asy-Syafi’i (w. 652 H.), di dalam kitabnya yang terkenal Mathalib as-Sa’ul, menulis : “Sifat Imam Ali as yang ke-4 adalah kefasihan dan kemahirannya di dalam seni bahasa. Beliau menonjol sedemikian rupa di dalam keahlian ini sehingga tiada seorang pun yang dapat berharap akan sampai kecuali ke tingkat debu sepatunya. Orang yang telah mengkaji Nahjul Balaghah dapat membentuk suatu gagasan tentang kecanggihannya yang sangat tinggi di dalam bidang ini.”

3. Ibn Abil Hadid (w. 655 H.) yang telah menulis sebuah kitab Syarh (komentar) berjilid-jilid tentang khotbah-khotbah itu, menulis: “Khotbah-khotbahnya, surat-surat dan ucapan-ucapannya begitu tinggi nilai sastra maupun kandungan maknanya, sehingga nilainya di atas kata-kata ucapan manusia biasa, dan hanya di bawah firman-firman Tuhan. Tiada yang dapat mengatasinya selain Al-Quran.” Pada bagian lain Ibn Abil Hadid mengatakan, “Kata-katanya adalah mukjizat Nabi Muhammad (saw). Ramalan-ramalannya menunjukkan bahwa pengetahuannya mengatasi manusia biasa.”

4. Allamah Sa’aduddin Taftazani (791 H.) di dalam Syarh al-Maqasid mengatakan bahwa, “Ali mempunyai penguasaan tertinggi atas bahasa, etika dan ajaran agama, dan pada saat yang sama ia adalah seorang orator ulung; khotbah-khotbahnya yang terkumpul di dalam Nahjul Balaghah menjadi saksi atas kenyataan ini.”

5. Allamah Ala’uddin al-Qusyaji (875 H.) dalam Syarh at-Tajrid menyatakan bahwa, “Kitab Nahjul Balaghah yang merupakan khotbah-khotbah dan makna yang terkandung di dalamnya membuktikan bahwa tiada sesuatu yang dapat mengatasinya, kecuali Al-Quran.”

6. Syekh Muhammad Abduh (1323 H.) juga telah menulis sebuah Syarh Nahjul Balaghah. la termasuk di antara pemikir modern yang menyadarkan dunia modern akan keindahan ajaran-ajaran Islam. Kata pengantarnya tentang Syarh-nya sendiri itu patut memperoleh kajian cermat

Pada kata pengantarnya itu, Muhammad Abduh mengatakan bahwa setiap orang yang memahami bahasa Arab pastilah sependapat bahwa khotbah-khotbah dan ucapan-ucapan Ali hanya di bawah firman Allah dan sabda Nabi Muhammad Saw. Kata-kata Imam Ali sedemikian sarat makna dan mengandung gagasan-gagasan yang begitu besar, sehingga kitab Nahjul Balaghah ini harus dikaji dengan sangat cermat, diacu dan dikutip oleh para mahasiswa maupun guru. Guru besar dalam kesusastraan dan falsafah ini meyakinkan universitas-universitas di Kairo dan Beirut untuk memasukkan kitab Nahjul Balaghah di dalam kurikulum untuk studi tingkat atas tentang kesusatraan dan falsafah.

7. Penulis dan orator terkenal Syekh Musthafa al-Ghulayaini yang dipandang sebagai ahli Tafsir AI-Quran serta kesusastraan Arab, di dalam bukunya ’Arij az-Zahr, bab “Gaya Bahasa”, menulis: “Siapa yang dapat menulis lebih baik dari Ali. selain Nabi saw dan Allah SWT. Orang-orang yang hendak mengkaji standar-standar kesusastraan yang paling tinggi, haruslah mengkaji kitab Nahjul Balaghah. Kitab itu mengandung pengetahuan yang sedemikian dalam dan nasihat-nasihat yang sedemikian menakjubkan tentang masalah etika dan agama sehingga kajian yang rutin atasnya akan membuat orang menjadi bijaksana, saleh dan berpikiran luhur dan akan melatihnya menjadi orator kaliber besar.”

8. Al-Ustadz Muhammad Muhyiddin, guru besar bahasa Arab pada Universitas AI-Azhar, Kairo, mengatakan bahwa Nahjul Balaghah merupakan suatu koleksi karya Sayyidina Ali yang disusun Sayyid Radhi. la mengandung contoh-contoh bahasa yang murni, kefasihan yang mulia dan kebijaksanaan yang tinggi sehingga tiada seorang pun selain Ali yang dapat menghasilkan karya semacam itu, karena setelah Nabi Suci Saw, dialah orator terbesar, yang paling ahli tentang bahasa dan kesusastraan serta sumber kebijaksanaan terbesar dalam agama Islam. Dia filosof yang dari kata-katanya mengalir pengetahuan dan kebijaksanaan.

9. AI-Ustadz ’Abdul Wahhab Hammudah, ahli kesusastraan dan hadis serta guru besar Universitas Fuad I di Kairo, dalam tahun 1951, menulis, “Kitab Nahjul Balaghah mengandung segala yang dapat dikatakan atau dituliskan para ulama besar, para guru besar etika, filosof, ilmuwan, ahli agama dan politisi. Kekuatan nasihat yang menakjubkan dan jalan yang luar biasa indah dalam menyajikan argumen serta kedalaman pandangan, membuktiKan bahwa Nahjul Balaghah merupakan karya suatu pikiran super seperti pikiran Ali.”

10. Abdul Masih al-Antaki, editor majalah Kristen al-Amran, Mesir, dalam kitabnya yang terkenal Syarh al-Qasha’id al-Auliya’ menulis, “Tak dapat disangkal bahwa Imam adalah Imam dari para khatib dan orator, dan ia adalah guru dan pemimpin para penulis dan filosof. Ada kebenaran di dalam penegasannya bahwa ucapan-ucapannya lebih tinggi dari ucapan siapa pun dan hanya lebih rendah dari firman Allah Yang Mahakuasa. Tiada diragukan bahwa dialah sumber penulis, pembicara, filosof, ulama dan penyair mengambil inspirasi, yang telah memperbaiki seni dan gaya bahasa mereka. Kumpulan karyanya dinamakan Nahjul Balaghah, yang patut sering-sering dibaca.”

11. Fuad Afram Al-Bustani, guru besar dalam kesusastraan Arab pada perguruan tinggi Quades Yusuf di Beirut adalah seorang penganut Katolik Romawi. la telah mengumpulkan sebuah kitab yang berisi karya-karya pilihan dari para filosof, ilmuwan, ahli agama, dan esayis. la memulai bukunya dengan kata-kata berikut: “Saya hendak memulai karya saya ini dengan pilihan-pilihan dari Nahjul Balaghah. Kitab itu merupakan karya seorang pemikir terbesar dunia….”

12. Polos Salamah, seorang moralis Kristen, penulis, penyair, di dalam bukunya yang ternama, Awal al-Malhamah al-’Arabiyah (Al-Naser Press, Beirut) mengatakan, “Kitab Nahjul Balaghah yang terkenal merupakan karya yang membuat orang tersadarkan akan pemikiran-pemikiran besar Ali ibn Abi Thalib. Tiada kitab yang mengatasinya kecuali Qur’an. Di dalamnya anda akan mendapatkan mutiara pengetahuan terpenting dalam rantai-ranta indah, bunga-bunga bahasa yang membuat pikiran orang semerbak dengan bau harum dan menyenangkan tentang heroisme dan keluhuran, dan aliran bahasa murni yang lebih manis dan lebih sejuk dari sumber Kautsar, yang terus mengalir secara tetap dan menyegarkan pikiran pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Allah