oleh Wiro Sableng pada 18 April 2011 jam 13:55
Bismillahirrahmaanirrahiim, Allahumma Sholli ala Muhammad wa Aali Muhammad
Berawal dari pesan di inbox..yang menanyakan tentang riwayat dari alkafi yang berusaha diplintir same para maniak kebodohan dan fitnah baca:wahabi.....
baca aje deh langsung nih…!!
مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى عَنْ أَحْمَدَ بْنِ مُحَمَّدٍ عَنِ الْحُسَيْنِ بْنِ سَعِيدٍ عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَسْبَاطٍ عَنِ الْحَكَمِ بْنِ مِسْكِينٍ عَنْ بَعْضِ أَصْحَابِنَا قَالَ قُلْتُ لِأَبِي عَبْدِ اللَّهِ ( عليه السلام ) مَتَى يَعْرِفُ الْأَخِيرُ مَا عِنْدَ الْأَوَّلِ قَالَ فِي آخِرِ دَقِيقَةٍ تَبْقَى مِنْ رُوحِهِ .
Muhammad bin Yahyaa, dari Ahmad bin Muhammad, dari Al-Husain bin Sa’iid, dari ‘Aliy bin Asbaath, dari Al-Hakam bin Miskiin, dari sebagian shahabat kami, ia berkata : Aku bertanya kepada Abu ‘Abdillah (‘alaihis-salaam) : “Kapankah orang terakhir mengetahui apa yang ada di sisi yang pertama ?”. Ia menjawab: “Di akhir menit yang tersisa dari ruhnya (sebelum kematiannya)”
[Al-Kaafiy, 1/274].
Hadits di atas menggunakan terminologi ‘menit’ (daqiiqah) sebagai penunjuk waktu yang spesifik. Kata ‘menit’ (yang ekuivalen dengan 60 detik), belum dikenal di masa itu. Masih ada beberapa hadits dalam Al-Kaafiy yang menggunakan terminologi menit.
Oleh karena itu, sangat patut diduga Al-Kaafiy yang beredar sekarang ini ditulis oleh pihak-pihak tertentu (entah siapa) setelah era Al-Kulainiy, karena ia merupakan bahasa serapan dari bahasa ‘ajam yang tidak dikenal di jaman Al-Kulainiy dan sebelumnya.
http://www.facebook.com/notes/1-hakekat-syiah-rafidhoh-imamiah-1/al-kaafiy-sekarang-bukan-al-kaafiy-yang-dulu-/152183214820426
JAWABAN
Oh berarti ibnu hazm dalam almilal itu menggunakan bahasa yang tidak dipahami oleh para ahli bahasa yeh…xixixixxi…dasar dodol
قال أبو محمد فان ذكر في شرق الأرض وغربها وشمالها وجنوبها وفي الف موضع في دقيقة واحدة
Abu Muhammad berkata: ia menyebutakan kata-kata timur bumi, barat, utara dan selatannya diseribu tempat pada waktu yang sama [daqiiqoh wahidah]
وبالله تعالى التوفيق * 114 - مسألة - ولا تجزئ النية في ذلك ولافي غيره من الاعمال إلا قبل الابتداء بالوضوء أو بأى عمل كان متصلة بالابتداء به لا يحول بينهما وقت قل أم كثر * برهان ذلك أن النية لما صح أنها فرض في العمل وجب أن تكون لا يخلو منها شئ من العمل، وإذا لم تكن كما ذكرنا فهى إما أن يحول بينها وبين العمل زمان فيصير العمل بلا نية، وأيضا فانه لو جاز أن يحول بين النية وبين العمل دقيقة لجاز أن يحول بينهما دقيقتان وثلاث وأربع وما زاد إلى أن يلغ الامر إلى عشرات أعوام
Ibnu hazm juga berkata dalam al-muhalla….jika diperbolehkan untuk memberikan jeda antara niat dan perbuatan [daqiiqoh] sesaat saja berarti boleh juga memberikan jeda lebih dari sesaat bahkan sampai sepuluh tahun
Lahirnye ibnu hazm pada tahun 384 atau tidak jauh dari masa Syekh Shoduq dan sezaman pada masa al-Kulaini, dan penggunaan lafadz ini oleh ibnu hazm menunjukan bahwa itu bukan kata yang baru tapi memang digunakan oleh para pendahulu namun bukan berarti menit tapi sesaat…
Si yaqubi juga tukang harat yeh….ajiiibb...!!
على أن علماء الفلك يستخدمون لفظ الدقيقة والثانية لوصف تحركات الأجرام ويرتبط ذلك بالوقت
وهذا كلام من تاريخ اليعقوبي وقد توفي سنة 290هـ قبل وفاة الشيخ الكليني بأكثر من ثلاثين سنة
Yaqubi mengatakan bahwa kalimat daqiqooh bahkan tsaniyah [yang pada zaman sekarang ini diartikan sebagai (daqiqoh)menit dan (tsaniyah) detik]digunakan oleh para ulama falak untuk mensifati peredaran planet dan kata tersebut berhubungan dengan waktu
تاريخ اليعقوبي :
تاريخ اليعقوبي :
( مجتمعة في آخر دقيقة من الحوت
...قال ما شاء الله المنجم: كان الطالع للسنة التي ولد فيها المسيح في الميزان ثماني عشرة درجة، والمشتري في السنبلة إحدى وثلاثين دقيقة راجعاً، وزحل في الجدي ست عشرة درجة و ثمانياً وعشرين دقيقة، والشمس في الحمل دقيقة، والزهرة في الثور أربع عشرة درجة، والمريخ في الجوزاء إحدى وعشرين درجة وأربعا وأربعين دقيقة، و عطارد في الحمل أربع درجات وسبع عشرة دقيقة)
إن مسير الشمس في كل يوم يكون تسعا وخمسين دقيقة ، ومسير أوج القمر سبع دقائق ، ومسير رأس التنين ، وهو الجوزهر ، ثلاث دقائق ، ومسير زحل دقيقتان ، ومسير المشتري خمس دقائق ، ومسير المريخ إحدى وثلاثون دقيقة ، ومسير الزهرة درجة وست وثلاثون دقيقة ، ومسير عطارد أربع درج وخمس دقائق ، ومسير قلب الأسد ست ثوان
ثم لما بحثنا جيدا .. وجدنا أن تاريخ اليعقوبي المتوفي سنة 292 قبل الشيخ الكليني ..
NAH NT PLOTOTIN DAH TUH SI YAQUBI YANG MENINGGAL PADA TAHUN 292 SEBELUM SYEKH KULAINI…
Si pengarang Mujamul Buldan lagi pake bahasa yang engga ade di zamannye yeh….??
die ngejelasin nih bahwa kalimat daqiiqoh memang banyak digunakan tapi bukan berarti menit dan itu banyak digunakan oleh para ahli perbintangan untuk menunjukan panjang dan lebar…!!dasar o’onnye g ketulungan deh wahaboy…!!
إذ ذكر في كتاب معجم البلدان الباب الثالث ج1-ص39
وأما الدرجة والدقيقة : فهي أيضا من نصيب المنجمين يجئ ذكرها في هذا الكتاب في تحديد الطول والعرض . قالوا : الدرجة قدر ما تقطعه الشمس في يوم وليلة من الفلك ، وفي مساحة الأرض خمسة وعشرون فرسخا . وتنقسم الدرجة إلى ستين دقيقة ، والدقيقة إلى ستين ثانية ، والثانية إلى ستين ثالثة ، وترقى كذلك
Ooohhh si khowarizmi ketika memakai kalimat daqiqoh dalam kitabnya Mafatihul Ulum berarti juga lagi ngomong bahasa planet…!!ixxixixixi…
وكذلك ورد في كتاب مفاتيح العلوم للخوارزمي المتوفي سنة 387 وهو كتاب قال عنه المقريزي جليل القدر .. في ص41 :
فلك البروج، هو الدائرة التي ترسمها الشمس بسيرها من المغرب إلى المشرق في سنة واحدة، وهو مقسوم إثني عشر قسماً، وهي البروج. وقد ذكرت أسماءها في الفصل الأول. وطول كل برج منها ثلاثون درجة، وكل درجة ستون دقيقة، وكل دقيقة ستون ثانية، وكل ثانية ستون ثالثة وعلى هذا المثال الروابع والخوامس والسوادس والعواشر والحوادي عشر، إلى ما لا نهاية له
wassalam, wa shollu ala Muhammad wa Aali Muhammad...!!
emang salah satu ciri syi'ah itu membenci muawiyah yah...? kok bisa begitu...? apakan muawiyah itu kafir?
BalasHapusmuawiyah oh muawiyah silahkan anda telisik riwayat dan atsar dibawah ini yang berkaitan dengan muawiyah
HapusMUAWIYAH TIDAK MEMILIKI SATUPUN KEUTAMAAN
أنبأنا زاهر بن طاهر أنبأنا أحمد بن الحسن البيهقى حدثنا أبو عبد الله الحاكم قال سمعت أبا العباس محمد بن يعقوب بن يوسف يقول سمعت أبى يقول سمعت إسحاق بن إبراهيم الحنظلي يقول : لا يصح عن النبي صلى الله عليه وسلم في فضل معاوية بن أبى سفيان شئ
Telah menceritakan kepada kami Zahir bin Thahir yang berkata telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Husain Al Baihaqi yang berkata telah menceritakan kepada kami Abu Abdullah Al Hakim yang berkata aku mendengar Abul Abbas Muhammad bin Ya’qub bin Yusuf yang berkata aku mendengar ayahku berkata aku mendengar Ishaq bin Ibrahim Al Hanzali yang berkata “Tidak sahih satu hadispun dari Nabi SAW tentang keutamaan Muawiyah bin Abu Sufyan” [Al Maudhu’at Ibnu Jauzi 2/263]
MUAWIYAH MATI TIDAK DALAM KEADAAN ISLAM
diriwayatkan oleh Abdullah bin Amru bin Ash dari Rasulullah SAW sebagaimana yang tertulis dalam kitab Ansab Al Asyraf Al Baladzuri 2/120-121.
عن عبد الله بن عمرو قال كنت جالساً عند النبي صلى الله عليه وسلم فقال يطلع عليكم من هذا الفج رجل يموت يوم يموت على غير ملتي، قال وكنت تركت أبي يلبس ثيابه فخشيت أن يطلع، فطلع معاوية
Dari Abdullah bin Amru yang berkata aku duduk bersama Nabi SAW kemudian Beliau bersabda ”akan datang dari jalan besar ini seorang laki-laki yang mati pada hari kematiannya tidak berada dalam agamaKu”. Aku berkata “Ketika itu, aku telah meninggalkan ayahku yang sedang mengenakan pakaian, aku khawatir kalau ia akan datang dari jalan tersebut, kemudian datanglah Muawiyah dari jalan tersebut”.
Hadis ini diriwayatkan oleh Baladzuri dalam Ansab Al Asyraf dengan dua jalan sanad yaitu
حدثني عبد الله بن صالح حدثني يحيى بن آدم عن شريك عن ليث عن طاووس عن عبد الله بن عمرو
Telah menceritakan kepadaku Abdullah bin Shalih yang berkata telah menceritakan kepadaku Yahya bin Adam dari Syarik dari Laits dari Thawus dari Abdullah bin Amru [Ansab Al Asyraf Al Baladzuri 2/121]
حدثني إسحاق وبكر بن الهيثم قالا حدثنا عبد الرزاق بن همام انبأنا معمر عن ابن طاوس عن أبيه عن عبد الله بن عمرو بن العاص
Telah menceritakan kepadaku Ishaq dan Bakr bin Al Haitsam yang keduanya berkata telah menceritakan kepada kami Abdurrazaq bin Hamam yang berkata telah memberitakan kepada kami Ma’mar dari Ibnu Thawus dari ayahnya dari Abdullah bin Amru bin Ash [Ansab Al Asyraf Al Baladzuri 2/120]
MUAWIYAH DAN MIMBAR NABI
BalasHapusJika kalian melihat Muawiyah berkhutbah di MimbarKu maka bunuhlah ia.
Hadis ini antara lain terdapat dalam kitab Mizan Al ’Itidal Adz Dzahabi biografi no 4149, Tahdzib At Tahdzib Ibnu Hajar juz 5 no 183, Al Kamil Ibnu Ady juz 2 hal 209, Al Majruhin Ibnu Hibban juz 2 biografi no 797(Abbad bin Ya’qub) dan Fawaid Al Majmu’ah Asy Syaukani hadis no 163. Asy Syaukani berkata tentang hadis ini
رواه ابن عدي عن ابن مسعود مرفوعاً وهو موضوع ، وفي إسناده عباد بن يعقوب ، وهو رافضي ، آخر كذاب .
Hadis riwayat Ibnu Ady dari Ibnu Mas’ud secara marfu’ dan hadis tersebut maudhu’(palsu). Di dalam sanadnya ada Abbad bin Ya’qub dan dia seorang Rafidhah pendusta.
Abbad bin Ya’qub memang dinyatakan sebagai Rafidhah tetapi rasanya terlalu berlebihan jika mengatakan ia pendusta karena sebenarnya beliau adalah seorang yang jujur.
Ibnu Hajar berkata dalam Hady As Sari Muqaddimah Fath Al Bari hal 412
عباد بن يعقوب الرواجني الكوفي أبو سعيد رافضي مشهور إلا أنه كان صدوقا وثقة أبو حاتم وقال الحاكم كان بن خزيمة إذا حدث عنه يقول حدثنا الثقة في روايته المتهم في رأيه عباد بن يعقوب وقال بن حبان كان رافضيا داعية وقال صالح بن محمد كان يشتم عثمان رضي الله عنه
Abbad bin Ya’qub Ar Rawajini Al Kufi Abu Sa’id seorang Rafidhah yang masyhur tetapi beliau seorang yang Shaduq(jujur), Ia telah dinyatakan tsiqat oleh Abu Hatim dan Al Hakim berkata Ibnu Khuzaimah berkata tentang Abbad bin Yaqub “ Ia tsiqat atau terpercaya riwayatnya tetapi pendapatnya diragukan”. Ibnu Hibban berkata ”Ia Rafidhah yang menyebarkan pahamnya” dan berkata Shalih bin Muhammad “Ia memaki Usman RA”.
Dalam At Taqrib juz 1 hal 469, Ibnu Hajar juga menegaskan bahwa Abbad bin Yaqub adalah seorang yang Shaduq. Beliau perawi hadis dalam Shahih Bukhari, Sunan Tirmidzi dan Sunan Ibnu Majah. Ad Daruquthni juga menyatakan Abbad sebagai Shaduq, sebagaimana yang dikutip Ibnu Hajar dalam Tahdzib At Tahdzib juz 5 biografi no 183
قال الدارقطني شيعي صدوق
Daruquthni berkata “Ia seorang Syiah yang Shaduq”
Dalam Kitab Tahdzib Al Kamal juz 14 hal 175-178 biografi no 3104, Tahdzib At Tahdzib juz 5 biografi no 183 dan Mizan Al I’tidal juz 2 biografi no 4149 tidak ada yang menyatakan kalau Abbad bin Ya’qub sebagai seorang pendusta. Oleh karena itu pernyataan Asy Syaukani di atas bisa dibilang kecenderungan yang berlebihan.